Rabu, 29 Juli 2009

El - Nino


El-Nino berasal dari bahasa Spanyol yang berarti bocah lelaki (anak laki-laki kecil). Istilah ini biasanya digunakan oleh para nelayan Peru untuk menggambarkan munculnya arus laut yang hangat di perairan lepas pantai Amerika Selatan di sekitar perbatasan Peru dan Ekuador, yang terjadi sekitar hari natal. Hari ini dikaitkan dengan petunjuk datangnya bocah laki – laki (anak Tuhan).
Untuk mengetahui bagaimana pengaruh El-Nino terhadap para nelayan Peru dan Ekuador, terlebih dahulu perlu diketahui mengenai proses upwelling yakni pergerakan air dingin dari dasar laut ke permukaan. Bertahun – tahun lamanya air dingin dari dasar laut didorong naik mendekati permukaan. Air ini kaya akan phytoplankton yang merupakan sumber makanan bagi ikan – ikan kecil.
Arus El-Nino yang hangat untuk sementara waktu menggantikan tempat upwelling air dingin yang kaya akan gizi laut, sehingga mengurangi sumber makanan ikan – ikan kecil dan pada akhirnya mengurangi panen ikan. Terkadang proses pemanasan sangat kuat sehingga merusak panen ikan. Hal ini terjadi setiap tiga sampai delapan tahun sekali.

download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar